Touch Type Dual SIM Murah



Nokia meluncurkanseri Asha terbarunya yang memanjakan penikmat game. Berbeda dengan seri Asha sebelumnya, Nokia Asha 202 memiliki kemampuan dual input teks dan dual SIM. Dengan harga relatif murah, ponsel ini diharapkan menjadi primadona di kelas entry level.

Desain

Dimensi : 114.8 x 49.8 x 13.9 mm, 91.5 cc; Berat : 90 g
Nokia Asha 202 tidak dilengkapi dengan keypad QWERTY seperti Nokia Asha 302. Diluncurkan berbarengan, Nokia Asha 202 dan Nokia Asha 203 adalah dua tipe ponsel dengan bentuk serta spesifikasi umum yang sama. Perbedaan keduanya terletak pada kartu SIM yang bisa ditampung didalamnya.

Tidak hanya itu saja, Nokia Asha 202 juga memiliki kemampuan easy swap untuk kemudahan berganti kartu kedua dan mampu menyimpan personalisasi sampai dengan 5 simcard di dalamnya yang menjadikan ponsel ini rekomendasi untuk penggunaan ponsel bersama. 

Secara tampilan, desain Asha 202 sederhana, dan bahan casingnya didominasi oleh plastik.Keypad alfanumerik-nya flat, terasa licin, dengan fontasi yang kecil. Beruntunglah, terdapat backlight keypad yang membantu untuk pengetikan di tempat gelap. Back casing Asha 202 plastik coating doff. Apalagi bentuknya yang membulat dan handgrip sehingga nyaman di genggaman. Terdapat port charger, port micro USB, 3.5 audio port, dan tombol volume dan tombol penguncian.

Touch Type

Layar : TFT resistive touchscreen, 240 x 320 pixels, 2.4 inches
Pengalaman membuka berbagai halaman dan menu di Nokia Asha 202 cukup menyenangkan dan tidak ditemukan kendala yang berarti. Perpindahan halaman lancar tanpa lag. Layarnya cukup respon dalam menerima sentuhan, dan ketukan jari.

Sayangnya, pengalaman ini tidak dibarengi dengan kemampuan multitouch yang menambah sensasi menyenangkan saat membuka berbagai halaman situs. Karena ukuran layarnya relative sempit, input teks tetap megandalkan keypad alfanumerik.

Download Dulu EA Game 

EA Games 40 varian games
Meski pada kotak penjualannya Asha 202 mencantumkan gratis 40 games, akan tetapi Anda tetap harus mendownload terlebih dahulu di Nokia Store. Menyasar target pemuladengan membenamkan bonus menarik yaitu menyediakan sekitar 40 game bawaan keluaran EA (Electronic Arts). 

Games-games tersebut dikatakan senilai 75 Euro (sekitar Rp 930.000) dan bisa didownload dari Nokia Market untuk dapat dinikmati secara cuma-cuma selama 60 hari. Selain games yang harus didownload terlebih dahulu, tidak terdapat game yang sudah installed. Anda tidak punya pilihan, selain mendownload terlebih dahulu.  



Internet dan Koneksi

Data: GPRS Class 12 (4+1/3+2/2+3/1+4 slots), 32 48 kbps; EDGE Class 12;Browser: WAP 2.0/xHTML, HTML, Adobe Flash Lite; Koneksi: Bluetooth v2.1 with A2DP, EDR; microUSB v2.0
Untuk masuk ke browser, seperti hampir semua ponsel Nokia memiliki browser bawaan yakni Nokia Browser. Proses membuka halaman situs berjalan dengan mulus dan cepat.Anda cukup add address di boomark di Nokia Browser, dan terdapat pilihan SIM yang akan digunakan, apakah SIM 1 atau SIM 2.

Sayangnya, bagi Anda yang hobi update di jejaring sosial, Nokia Asha 202 tidak dilengkapi dengan shortcut ikon ke  jejaring sosial yang favorit seperti Facebook ataupun Twitter. Sehingga mau tidak mau Anda harus masuk dari browser. Kanal data hanya mengandalkan GPRS/EDGE yang memangkas pulsa, karena ponsel ini tidak dilengkapi dengan WiFi.

Dual GSM on

Dual SIM GSM 900 / 1800
Ponsel murah meriah ini dilengkapi kemampuan dual GSM on. Saat diuji coba melakukan panggilan melalui SIM 1, dan SIM 2 dikontak tidak tersambung, alias tidak dual stand by. Saat Anda ingin melakukan panggilan dan browsing, Anda akan disodorkan opsi SIM. Selain itu, terdapat hotswap yang ditujukan untuk mempermudah aktivitas pengguna yang sering berganti SIM. 

Kamera dan Video

Kamera Utama : 2 MP, 1600 1200 pixels;WB, grid, self timer, landscape, setting size, photo preview, photo title, organize; Video :176 144@15fps; MP4/H.264/H.263/WMV player
Perihal mengabadikan momen, Nokia Asha 202 dilengkapi dengan kamera 2MP (1600x1200 piksel), dan beragam settingan pun ditambatkan di dalamnya. Tidak terdapat shutter button di ponsel ini, Anda hanya mengandalkan virtual shutter button. Kualitas jepretan indoor dan outdoor-nya cukup detail dan tajam, terutama saat menjepret objek luar ruang. Hasil foto dapat diatur dalam album foto dan timeline.

Audio

Stereo FM radio with RDS, FM recording; MP3/WAV/WMA/eAAC+ player
Kualitas audio playernya saat memutar beragam genre lagu cukup mumpuni dan kuat. Suara yang disemburkan tidak pecah. Tampilan audio playernya menampilkan album art, audio panel, judul dan nama artis. Sebagai alternatif, terdapat FM Radio yang didukung oleh RDS System dan FM Recording, yang dimana Anda dapat dengan mudah merekam lagu yangsedang on air di radio, dan file-nya disimpan dalam format amr. Tekan tombol merah di tengah panel radio, untuk memulai perekaman.

Kesimpulan
Kehadiran ponsel-ponsel kelas entry level yang gencar diluncurkan Nokia, sekiranya menjadi pilihan tersendiri bagi masyarakat yang membutuhkan pilihan ponsel dengan harga lebih terjangkau. Fitur game, touch type, dan dual GSM on menjadi daya tarik tersendiri bagi vendor Finlandia ini. Untuk vendor ternama, memang belum banyak yang mengemas fitur dan desain sejenis dengan harga murah. Namun, Nokia Asha 202 memiliki pesaing di kelas lokal yang sudah banyak mengeluarkan ponsel sejenis. (Nariswari)

(+)
Kinerja CPU dan browser stabil untuk internetan
Touch type
Harga terjangkau
Kualitas audio dan kamera tajam
Hotswap
Dual GSM

(-)
Layar sempit, kurang leluasa dalam operasional layar sentuh
Keypad alfanumerik licin
Tidak terdapat WiFi
Bonus game harus download sendiri

Share this article :
 
Copyright © 2011. Copasindo - Back to Top
Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger